Tips supaya tidak pegal saat berkendara jauh


Ini ada sedikit tips buat biker yang suka berkendara jarak jauh .
Supaya kamu gak cepat capek saat menunggangi motormu dalam jarak yang cukup jauh.

1. Jepit bagian depan motor


Jadi, posisi duduk saat berkendara itu sangatlah penting lho! Kalau posisi dudukmu benar, dijamin kamu gak bakal cepat capek saat berkendara motor terutama jika jarak yang kamu tempuh cukup jauh.
Nah untuk itu, usahakan selalu memosisikan paha bagian dalam menjepit jok atau bagi kamu yang pakai motor model sport atau motor gede posisikan paha bagian dalam menjepit tanki bensin. Selain gak bikin capek, posisi ini juga dilaporkan bisa membuat motor yang kamu kendarai jadi lebih stabil posisinya.

2. Jangan duduk terlalu ke depan atau belakang


Kalau dudukmu terlalu ke depan atau ke belakang, dijamin deh kamu bakal mudah capek saat berkendara. Pasalnya, jarak tubuhmu dengan kemudi jadi gak ideal (baik kalau posisi dudukmu terlalu depan atau posisi dudukmu terlalu ke belakang).
Nah, posisikan dudukmu saat berkendara itu di tengah-tengah antara pucuk depan jok motor dan bagian tengah jok motor. Selain bikin gak cepat capek, posisi ini juga bisa bikin kamu aman karena motor jadi lebih stabil.


3. Posisikan punggung tegak lurus


Bagi kamu yang kerap mengendarai motor dalam jarak yang cukup jauh, patut pula menjaga posisi punggung saat duduk. Usahakan punggungmu tetap tegak lurus saat berkendara dan jangan bongkok.
Posisi punggung yang bongkok bakal membuat tubuh bekerja ekstra saat berkendara. Alih-alih bikin posisi nyaman, duduk dalam posisi bongkok dapat bikin kamu mudah lelah dan dapat menyebabkan perubahan posisi atau letak tulang punggung.

4. Hindari posisi tangan tegak lurus saat berkendara


Kebanyakan orang pasti cenderung meluruskan tangan saat berkendara. Padahal ya, posisi tangan tegak lurus ini rentan banget bikin kamu capek lho! Apalagi kalau kamu mengendarai motor dalam jarak yang cukup jauh.
Untuk itu, selalu posisikan tanganmu sedikit menekuk atau sekitar 30 derajat dari sisi luar tangan. Selain gak bakal bikin kamu cepat capek saat berkendara, posisi tangan seperti ini juga dapat meredam efek guncangan pada bahu saat kamu melewati jalanan berbatu.


5. Kaki wajib siaga!


Biar gak capek juga, ada baiknya saat berkendara dalam jarak jauh letakkan kaki dalam posisi siaga. Maksudnya, letakkan seluruh telapak kakimu di atas foot step motor.
Posisi siaga ini bisa bikin kakimu gak cepat capek karena telapak kaki ada pijakan. Selain itu, posisi kaki siaga juga memudahkanmu lebih siap saat dipakai untuk mendadak ngerem atau saat menginjak pedal persneling.
.
Baca jugaTips modifikasi sederhana.
.
.
.
Mau dapat uang hanya dengan menulis ??..

9 comments for "Tips supaya tidak pegal saat berkendara jauh"

  1. Cocok nih buat pelajaran SMk di tempat ane, ijin bookmark gan

    ReplyDelete
  2. Bagus infonya makasih gan

    KunjungN:triksiip.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Iya gan silahkan dgn senang hati

    ReplyDelete
  4. tips-tips diatas sangat bermanfaat sob, apalagi untuk pengendara yang jarak jauh. Tips diatas sangatlah cocok.

    ReplyDelete
  5. wah mantep gan, buat nambah info kalo ada begal.. thanks gan..

    ReplyDelete