Baut segitiga di kencengin ,Setang menjadi berat
Beberapa hari yang lalu saya lihat di sebuah grup tentang outomotif khususnya sepeda motor di sosial media . Terlihat ada pertanyaan yang sepertinya agak menggelitik bagi sebagian orang yang mengerti tentang outomotif . Walaupun mereka tidak sepenuhnya ngerti dan pahan serta pintar di bidang outomotif. Mereka tahu hanya sebagian saja tapi sudah sok jago alias sok pintar .
Ini terbukti dengan adanya pertanyaan tersebut tapi malah banyak komentar negatif dan bullyan . Mungkin mereka pikir si pembuat postingan ini bercanda . Ataubbahkan mereka menganggap dia ini dungu gitu saja tiadak tahu . Padahal pertanyaan sekecil itu sebenarnya bisa berpengaruh buat banyak orang . Karena tidak semua orang tahu tentang outomotif walaupun hal itu sangat kecil .
Dalam postingannya dia bertanya dengan menunjukkan gambar baut setang segitiga , ya baut segitiga atas yang letaknya dibawah setang . Dia bertanya kenapa baut ini ketika di kencangin kok setangnya jadi berat . Kenapa bisa terjadi ..??
Nah kali ini saya akan jelaskan sedikit mengapah hal itu ( baut segitiga dikencangin setang menjadi berat) maribkita simak di bawah ini
Baut segitiga di kencangin setang menjadi berat
Baut segi tiga pada motor |
Yang pertama kita ketahui segita dalam sepeda motor ini berfungsi untuk menyatukan body sepeda motor dengan setang danbroda belakang . Dan membuatnya bisa digunakan untuk berbelok dengan mudah.
Di dalam segitiga itu, terdapat beberapa part khusus . Diantaranya baut bawah dan baut atas dan di dalamnya terdapat komstir . Apakah kalian belum tahu apa itu komstir ..?.
Komstir ini bentuknya seperti adalah bearing atau bantalan . Ya hampir miriplah dengan bearing pada as roda namun berbeda .
Fungsinya yaitu untuk mempermudah dan memperhalus gerakan setang saat berbelok . Bentuknya juga bermacam macam ada yang bulat dan juga ada yang berbentuk bambu alias panjang .
Nah komstir ini ditutup oleh dua baut di atas dan di bawah . Kenapa baut , karena supaya gampang saat membuka dan penggantian komstir. Nah kalau baut ini hilang bisa agak beresiko .
Komstir bisa lepas dansetang rusak susah beloknya . Cari bautnya juga susah di bengkel resmi belum tentu ada . Karena itu sangat disayangkan sekali masih banyak yang membullynya .
Padahal itu pertanyaan bagus sebenarnya . Oleh karena itu baut ini harus kencang masangnya . Walaupun kencang gak terlalu berpengaruh pada setangnya .
Pada kasus seperti di atas ini , baut segitiga dikencengin kok setang jadi berat , ini kemungkinan penyebab utamnya adalah komstir yang sudah minta untuk diganti dwngan yang baru . Karena jika komstir sudah tidak maka setangnya akan menja lebih berat saat berbelok .
Sebaiknya jika terjadi seperti ini lihat comstirnya kalau memang sudah harus diganti ya segera di ganti saja . Karena ini juga berpengaruh pada performa kendaraan tersebut .
Post a Comment for "Baut segitiga di kencengin ,Setang menjadi berat"