TERNYATA AKI HONDA VERZA CEPAT TEKOR

TERNYATA AKI HONDA VERZA CEPAT TEKOR

Tak terasa honda verza say sudah berjalan di tahun ke tiga . dan sudah mulai timbul masalah pada beberapa partnya. Kecuai kampas rem dan komstirnya ya hehe. Karna itu adalah hal umum yang disebabkan oleh jalanan dan jarak tempuh.

Kalo komstir sudah beberapa kali dikarenakan jalanan pantura yang penuh dengan jebakan lubang jalanan . dan untuk kampas rem juga seingat saya baru ganti sekali utuk kampas rem depan. Namun yang sedikit saya heran yaitu kenapa aki sudah mulai tekor padahal semuanya masih standart pabrik pada bagian kelistrikanya di tahun ke tiga ini.

Memang sih verza saya ini jarang ke luar rumah alias jarang di bawa jalan jalan berkendara ria. Mungkin seminggu sekali . tapi kalau sudah jalan ya jaraknya bisa berkilo kilo meter. Maklum saya ini anak rumahan jadi jarang keluar bawa motor.
Nah saat di rumah ini honda verza saya jarang saya hidupkan untuk sekedar memamanasin mesin motor . mungkin ini salah satu faktor penyebab aki honda verza 150 saya ini cepat  tekor dan harus diganti.

Tanda tanda aki motor mau tekor


Awalnya saya merasa kalau aki motor saya mau tekor itu ketika saya keluar untuk carimakanan . biasa kalau malam perut terasa lapar dan tidak bisa di tahan lagi saya harus cari warung makan yang masih buka sampai jam dua belas malam.  Nah pada saat itu saya mau pulang kok motor saya ini susah distarter . dan ketika sudah nyala mau jalan brebet dan mati lagi  sampai akhirnya gak bisa hidup lagi . saya kira karena kepanasan . tapi kan motor berhenti  lama , dan akhirnya saya pakai kick starter ternyata bisa nyala lagi.

Aki Honda VERZA150

Pda saat itu saya mulai berpikir pasti ad yng gak beres dengan akinya. Benar saya akhirnya bebeberapa hari kemudian akhirnya aki mati total gak bisa digunakan . dan itu juga setelah honda verza 150 saya diam di rumah tanpa dinyalakan dan dipanasin mesinnya.

Penyebab aki cepat tekor

  • Aki bisa tekor bisa disebabkan oleh beberpa hal seperti di bawah ini
  • Ada modifikasi pada sistem kelistrikan , biasanya karna ada penambahan kelistrikan seperti lampu dan lainnya yang kapasitasnya melebihi dari sistem kelistrikan bawaan pabrik.
  • Karena jarang di nyalakan dan dipanasi serperti yang terjadi pada motor saya.
  • Meng on kan kunci kontak tanpa menyalakan mesin , saat ini semua motor memggunakan sistem dc dinama kelistrikan seperti lampu utama akan nyala ketika kunci kontak di onkan dan ini bisa membuat aki langsung tekor bila terjadi terlalu lama karena tidak ada arus listrik yang kembali ke aki.

Cara mencegah aki agar tidak cepat tekor

Cara mencegahnya ya jangan sampai motor didiamin lama alias sering sering di nyalakan atau dipanasin istilahnya. Dan kalau mau menambah kelistrikan ya jangan lupa menambah juga alat pengikat arus listrik atau penambah daya listrik agar nbeban aki tidak terlalu berat. Satu lagi jangan terlalu sering meng on kan kunci kontak dalam keadaan mesin mati.
Sekian dari saya semoga bermanfaan.


1 comment for "TERNYATA AKI HONDA VERZA CEPAT TEKOR"

  1. solusinya gimana mas? harus ganti ato dipakai dulu biar akinya terisi lagi?

    ReplyDelete